SEMARANG, mediajateng.net, – Fakultas Bahasa dan Ilmu Budaya (FBIB) Unisbank menyelenggarakan Festival Budaya dengan melibatkan para siswa SMA di Kota Semarang, (23/3). Menurut salah satu dosen FBIB Unisbank, Dr. Agnes Widyaningrum, revolusi industry 4.0 telah membawa dampak terhadap komunikasi antar masyarakat dalam tingkal global. Dalam situasi ini, penguasaan bahasa asing menjadi sebuah kebutuhan agar mampu beradaptasi dan turut serta dalam pembangunan bangsa.

“Hal inilah yang melatarbelakangi kami menyelenggarakan kegiatan ini yang dikemas dalam deans cup dan open house dengan melibatkan kepesertaan dari SMA di Kota Semarang,” ujarnya.

Sementara itu Dekan FBIB Unisbank, Endang Yuliani menuturkan,kegiatan ini dikemas juga dalam berbagai kompetisi yang diperlombakan, mulai daristory telling,spelling bee dan news anchor.

“Ada 39 orang yang semuanya pelajar tingkat SMA di Kota Semarang. Mereka berkompetisi dengan bahasa inggris dan mandarin,” katanya menambahkan.

Selain mengarahkan pelajar pada kegiatan yang positif dan kompetisi yang sehat, program ini tak lain untuk mengasah kemampuan para pelajar akan bahasa asing, baik bahasa inggris ataupun mandarin.

“Suka atau tidak suka, pengaruh globalisasi memaksa kita harus menguasai bahasa asing. Bagaimana kita mau go international jika kita belum mampu menguasai bahasa asing, ” jelasnya. (ot/mj)