SEMARANG, Mediajateng.net – Antrian kendaraan pemudik yang ingin kembali ke Jakarta dan beberapa kota besar lainnya, nampak padat merayap mulai dari exit tol Krapyak hingga perbatasan Semarang – Kendal tepatnya di Mangkang.
Pemandangan yang sama juga terjadi di exit tol Krapyak, dimana antrian kendaraan mobil pribadi nampak mengular dan antri untuk keluar tol. Menurut informasi yang dihimpun Mediajateng.net, antrian kendaraan yang akan keluar tol bahkan sampai mengular hingga rest area tol tersebut. Sementara di jalan Walisongo atau pertigaan Jrakah, arus kendaraan nampak mengular dengan diperparah banyaknya aktivitas kendaraan bus dan truk yang sudah mulai beroperasi. “Antrian panjang sudah terjadi sekitar pukul 18.00 WIB petang, bahkan dari arah Tol Banyumanik untuk keluar Tok Krapyak memakan waktu sekitar 1 jam lebih,” ungkap Rianto, salah satu pemudik yang beristirahat di rest area SPBU Krapyak.
Untuk mengurai kemacetan, petugas kepolisian Polrestabes Semarang terpaksa melakukan sistem contra flow, mulai dari pertigaan Jrakah hingga Terminal Mangkang. Petugas pun nampak menututup jalur balik atau beruputar kendaraan dibeberapa titik agar lalulintas kendaraan tidak terhambat. “Mungkin bertepan dengan libur sekolah yang hampir usai, jadi banyak pemudik yang mengejar waktu untuk sampai ke Jakarta,” ungkap Petugas Pos Pengamanan Perbatasan Semarang Kendal, Ipda Sutarjo.
Tercatat setiap menitnya ada sekitar 100 lebih kendaraan yang melintas masuk Kendal atau keluar Semarang. Matoritas kendaraan yang melintas masuk ke Kabupaten Kendal dan masih didominasi oleh kendaraan pribadi dan kendaraan roda dua. “Masih cukup padat bahkan sampai 100 kendaraan permenit,”jelasnya.
Menurut dirinya, kondisi arus pemudik masih akan terlihat hingga akhir pekan nanti. Apalagi melihat libur Lebaran bagi siswa usia sekolah masih cukup panjang. (MJ-069)

101 KOMENTAR

Comments are closed.