GROBOGAN, Mediajateng.net – Perhelatan 11th ASEAN School Games 2019 yang dihelat 17-25 Juli 2019, dimulai. Hal ini ditandai dengan pengambilan api di Api Abadi Mrapen, Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (17/7).

Api dinyalakan mulanya oleh Juru kunci Api Abadi Mrapen Ali Muzakir, lantas obor diserahkan ke Bupati Grobogan Sri Sumarni. Dari bupati, obor api diserahkan ke Sekda Jateng Sri Puryono. Kemudian ke Yuni Purwanti Deputi IV Kemenpora. Obor api diserahkan ke atlet Seno Bayu Aji asal Purwodadi Grobogan. Atlet pelajar ini cabang bola voli.

Api dikirab menuju Semarang, selaku tuan rumah penyelenggaraan School Games 2019.

Sekda Jateng Sri Puryono mengatakan, dirinya mewakili Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang tidak bisa hadir di Mrapen. Dia membacakan sambutan Ganjar.

“Untuk kesekian kalinya Api Mrapen di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan membanggakan Jawa Tengah. Dari api ini telah tersulut dan terpancar menyemangati berbagai peristiwa besar, seperti pesta olahraga internasional Ganefo I tahun 1963, Pekan Olah Raga Nasional (PON), Hari Olah Raga Nasional (Haornas), ASIAN Para Games, ASIAN Games 2018, dan lain-lain,” kata dia.

“Bahkan dari berbagai data dan dokumen, Negara lain pun ada yang datang ke Mrapen, seperti China untuk obor Asian Beach Game di Hayang, Thailand untuk obor Asian Beach Game Pucket. Inilah tempat sejarah bagi keolahragaan tidak hanya Indonesia, tetapi juga mancanegara,” imbuh dia.

Selanjutnya, kata Puryono, Api Abadi Mrapen sudah dimbil, dan akan dibawa ke Semarang untuk selanjutnya dinyalakan. Itu sebagai simbol dimulainya gelaran The 11th ASEAN Schools Games Tahun 2019.

” Saya berharap pengambilan Api Mrapen untuk ASEAN Schools Games Tahun 2019 ini, setidaknya juga akan menambah tekad para atlet kita yang akan berlaga. Mudah-mudahan para pelajar kita bisa berprestasi dan mendapatkan banyak medali,” paparnya.

Nantinya, api akan menyala selama even berlangsung. Menurut dia, saat ini ada 9 negara yang ikut. Serta akan ada banyak tamu dari berbagai negara. Mongolia juga hadir meninjau. “Even besar ini disambut baik. Ini juga menjalin kerukunan antarnergara. Bagi Jateng akan memberi multiplayer effect untuk mengembangkan dan menyemarakkan wisata,” tambah dia.

Bupati Grobogan Sri Sumarni mengaku bangga dengan lokasi prngambilan api obor even ini di Mrapen. Harapannya akan memberi nyala semangat atlet yang berkompetisi di kalangan antarpelajar Se-Asia Tenggara ini (Ag-MJ)