Purbalingga – mediajateng.net

Untuk mengantisipasi narapidana kabur secara masal dari rumah tahanan, Satsabhara Polres Purbalingga menggelar patroli dengan sasaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Purbalingga, Senin (08/5) malam.

Dalam patroli tersebut anggota Satsabhara melakukan kordinasi dengan petugas pengamanan lembaga pemasyarakatan. Dimana dilakukan pengecekan jumlah narapidana yang ada serta kuat personel jaga. Hal ini untuk memastikan kondisi lapas layak dan tidak over kapasitas.

Kasat Sabhara Kompol Suharsono mengatakan pelaksanaan patroli ke lembaga pemasyarakatan merupakan perintah dari Kapolres terkait adanya narapidana kabur secara masal di wilayah lain untuk diantisipasi. Hal ini menjadi perhatian tersendiri agar tidak terjadi hal serupa di Purbalingga.

Oleh karenanya, patroli Satsabhara menyambangi Lapas Purbalingga untuk melakukan pemantauan dan cek petugas jaga. Dalam patroli petugas melakukan koordinasi dan pengecekan jumlah narapidana yang ada.

Hasil patroli dan pemantauan pada Minggu malam, diketahui bahwa penghuni Lapas kelas II B Purbalingga ada 159 orang. Dari jumlah tersebut jumlah narapidana ada 109 orang, sedangkan tahanan ada 50 orang. Para tahanan tersebut ditempatkan dalam sepuluh blok. Dimana ada lima petugas jaga dalam semalam dari pihak Lapas.

“Dengan Patroli dan pemantauan yang sudah dilaksanakan diharapkan tidak terjadi narapidana kabur secara masal di wilayah Purbalingga. Dirinya juga menghimbau kepada petugas jaga lapas untuk selalu berkoordinasi dan meningkatkan pengawasan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (MJ-303)