PURBALINGGA- Mediajateng.net – Sebuah truk bermuatan 12 kuwintal ayam terguling di dusun Papedan, Pengadegan, Purbalingga, Senin (5/2) sore. Karena cuaca yang kurang mendukung, warga dan aparat kepolisian baru bisa mengevakuasi pada Selasa (6/2) pagi.

Menurut keterangan saksi, Wendi, sebelum kejadian pengemudi sudah diingatkan agar tidak membawa muatan terlalu berat.
“Karena cuaca hujan jalan licin dan rawan terutama saat menanjak di jalur yang dilewati. Namun pengemudi tetap membawa muatan seberat 12 kuintal ayam potong,” katanya, Selasa (6/2).
Wendi melanjutkan, sebelum kejadian truk baru saja membawa muatan ayam potong dari kandang milik Minarto. Saat melintas di jalan yang menanjak dan licin truk tidak kuat akibat selip kopling. Akibatnya truk berjalan mundur dan terguling
Proses evakuasi berjalan cukup lama, polisi dan warga berusaha membalikan truk yang terguling secara manual. Namun usaha tersebut belum membuahkan hasil. Hingga akhirnya digunaakn alat berupa katrol untuk bisa membalikkan truk hingga bisa dievakuasi.
Kapolsek Pengadegan AKP Riyatnadi mengatakan truk tersebut bernomor polisi R-1512-QD dikemudikan Sahid (37) warga Desa Somawangi, Kecamatan Mandiraja, Banjarnegara.
“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Karena pengemudi dan keneknya sempat melompat saat truk berjalan mundur,” kata kapolsek.
Kapolsek menambahkan, karena saat kejadian cuaca hujan deras, hanya muatan berupa ayam yang dievakuasi dan dipindahkan dari lokasi. Sementara itu truk baru dievakuasi pada pagi harinya.
“Anggota polsek bersama warga saling membantu dalam evakuasi kendaraan naas tersebut. Setelah memggunakan katrol akhirnya truk berhasil dievakuasi,” jelas kapolsek.