Ali Khamdi: Nurani Pers untuk Kepentingan Rakyat

0

SEMARANG, Mediajateng.net – Pers nasional merayakan hari jadinya ke 72 pada 9 Februari 2018 ini. Sejumlah kalangan berharap besar, pers benar-benar menjadi salah satu tonggak demokrasi di Indonesia.

Ketua Tim Relawan Perjuangan Merah Putih, Ali Khamdi mengatakan insan pers mesti semakin meneguhkan keyakinan sebagai penyuara nurani rakyat semesta.

“Dan sudah semestinya insan pers juga menjaga suasana hati bangsa,” katanya, Jumat (9/2).

Pers, lanjut Ali, ditakdirkan memiliki mata, telinga dan hidung di mana-mana. Dengan modal itu, lanjut dia, wajar jika masyarakat sangat berharap apa yang disuarakan pers adalah kebenaran.

“Majunya suatu daerah sangat bergantung pada dunia pers. Mari kawan-kawan media, bekerja keras mencari kebenaran dengan menggunakan hati nurani,” katanya.

Dia menambahkan hati nurani insan pers mesti bertumpu pada kepentingan rakyat.

“Bukan asal penguasa atau pengusaha senang. Rakyat atau publik memerlukan informasi agar turut memantau keadaan republik ini,” katanya.

Selain itu, dia berharap seiring perkembangan zaman dan teknologi, pers bisa melakukan penyesuaian diri. Agar kekuatan yang dimiliki pers benar-benar nyata.

“Bukan seperti dinosaurus, yang diketahui memiliki kekuatan besar namun sekarang hanya tinggal cerita. Tidak lain, karena dinosaurus tidak mampu menyesuaikan diri dengan zaman,” katanya.

Secara teori, kata Ali, pers telah memiliki sembilan pegangan dalam melakukan pemberitaan. Yang intinya, kerja mendasar yang dilakukan insan pers adalah kerja mencari kebenaran, bertumpu kepentingan publik, independen serta menggunakan hati nurani.