PEKALONGAN – mediajateng.net

Aksi Peduli Sifa, anak penderita Kanker Tulang yang dilaksanakan pada Jumat (5/5) atau lebih dikenal dengan aksi 55 (5afe5ifa) oleh komunitas kita peduli berlangsung tertib. Peserta aksi yang terdiri dari perwakilan Kospin Jasa, HMI, ARAH, POM Batik, LazizMu, KNPI, KMKB, Polresta Pekalongan, OPEK, PWI, Netizen melakuan konvoi dari Radio Kota Batik menyusuri jalan Kurinci, Slamet, Gajahmada, Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Bandengan dan finis di rumah keluarga Sifa.

Aksi kita peduli (AKP) yang dipimpin Muhammad Luthfi (Humas Kospin Jasa) berhasil mengumpulkan dana sumbangan dari para dermawan sebesar Rp 20.420.000,-. Uang tersebut langsung diterimakan ayah Sifa, Warno. “Ini dalah sumbangan dari Kospin Jasa, para dermawan, Netizen, Polres Kota Pekalongan, POM Batik, LazizMu, Aliansi Rakyat Anti Hoax, OPEK, KMKB, PWI dan KNPI serta HMI dan Komunitas Tionghoa. Perlu diketahui, meski Sifa adalah warga Kabupaten Pekalongan, namun para dermawan mayoritas dari Kota Pekalongan. Ini menunjukkan jika kepedulian kemanusiaan tidak mengenal batas wilayah. Semoga Aksi Kita Peduli ini adalah awal yang baik untuk terus menjaga rasa kepedulian, saling berbagi dan kebersamaan serta menumbuhkan semangat keberagaman,” tandasnya.

Menurut Luthfi, pihaknya tahu keadaan Sifa seminggu yang lalu. “Namun Alhamdulillah, setelah koordinasi dengan teman-teman ternyata banyak yang peduli dan mau berbagi. Dalam waktu singkat kita bisa mengumpulkan dana sebesar itu. Dana bantuan tersebut mungkin terlalu kecil, bila dibandingkan dengan penyakit yag diderita oleh Sifa. Karena tidak ada satupun yang mau menglamai penderitaan,” tegas dia.

Sementara Warno menyambut bantuan ini dengan rasa haru. Menurutnya, pihaknya sangat berterima kasih atas kepedulian para dermawan melalui aksi kita peduli. “Kami tidak bisa membalas apa-apa, semoga semua kebaikan para derawan dan peserta aksi kita peduli mendapat pahala yang besar dari Allah SWT,”

Kapolres Pekalongan Kota AKPB Enriko Sugiharto Silalahi SIK melalui Kasubag Humas AKP Asfauri SH merasa bangga dengan para peserta aksi kita peduli. “Kami bangga dengan para peserta aksi kita peduli, aksi yang dikenal dengan 55 tersebut membuktikan bahwa masyarakat Kota Pekalongan dan sekitarnya mengedepankan rasa persatuan, keberagaman dan mempunyai rasa kebangsaan yang tinggi. Karena saya lihat para peserta aksi terdiri dari lintas etnis dan juga lintas daerah. Semoga semangat kebangsaan, keberagaman dalam wadah Pancasila akan terus tumbuh subur di Kota Pekalongan khususnya dan Indonesia pada umumnya,” kata Kapolres.

Menurutnya, Aksi Kita Peduli menginpsirasi jajaran Polres Pekalongan Kota untuk ikut berbagi dan peduli. “Dalam Apel pagi tadikami secara spontan ikut mennggalang dana dari anggota, dan Alhamdulillah terkumpul Rp 4,1 juta dan kita jadikan satu dengan kegiatan Aksi Kita Peduli yang dipimpin Ketua ARAH Pekalongan Muhammad Luthfi,” katanya (MJ-808)