SEMARANG, Mediajateng.net – DPRD Kota Semarang  mulai serius menerapkan konsep parlemen modern sesuai dengan rencana strategis tahun 2015 – 2019.
Implementasi parlemen modern tersebut bakal tampak pada sisi kemudahan bagi masyarakat untuk menjangkau informasi keparlemenan.
“Kami selama ini telah bekerja dengan baik sebagai lembaga legislatif. Harapannya dengan pelaksanaan parlemen modern nantinya, masyarakat akan dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi terkait kinerja para wakil rakyat,” demikian ditegaskan Sekretaris DPRD Kota Semarang, Fajar Purwoto, Jumat ( 4/10)
 
Akses informasi parlemen tersebut nanti bisa dinikmati melalui TV parlemen.
“Nantinya kami akan membuat TV Parlemen, dimana didalamnya akan mengakomodir kepentingan – kepentingan para pimpinan DPRD Kota Semarang, untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat.Intinya tak lain akses informasi akan mudah diperoleh. Lembaga DPRD Kota Semarang dipastikan akan menjadi lembaga yang sangat terbuka,” tambahnya.
Konsep parlemen modern dalam rencana strategis 2015 – 2019 merupakan sebagai jalan penguatan transparansi dan penggunaan teknologi informasi. Hal ini merupakan implementasi atas Undang – Undang Nomor  14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik di wilayah DPR.
“Selama ini diketahui masyarakat sangat membutuhkan parlemen yang lebih transparan dan akuntabel dari sisi sistem dan operasionalnya,” tutup dia. (MJ-036)

Comments are closed.