Ajarkan Anak Peka Terhadap Orang Lain dan Lingkungan

Cilacap, mediajateng.net – Sekolah dan orang tua mempunyai tanggung jawab untuk menumbuhkan kepekaan sosial pada anak-anak. Karena kualitas watak anak saat masih kecil akan mewarnai wataknya di kemudian hari nanti.

Kepekaan sosial penting ditanamkan semenjak kecil pada anak, agar kelak ia menjadi manusia dewasa yang peka dengan lingkungan sekitarnya.

SDIT Nusawungu Kecamatan Nusawungu Kabupatena Cilacap mengimplementasikan dengan kegiatan Jum’at Berbagi.

“Kegiatan Jumat berbagi ini adalah salah satu program bulanan dari bidang diniah atau BAZIS SDIT Nusawungu,” kata Mila Trisni Rahayani, S.Pd selaku kordinator bidang diniah usai kegiatan Jumat berbagi di Dusun Larangan RT 04 RW 06 Desa Nusawungu Kecamatan Nusawungu kabupaten Cilacap, Jumat (29/10/2021).

Acara tersebut dilaksanakan oleh perwakilan guru SDIT Nusawungu, siswa kelas 1 yang berjumlah 19 anak, serta perwakilan dari yayasan yang dipusatkan di rumah salah satu siswa kelas 1 yaitu Ananda Farrel Pradytia Sukma. Sebanyak 20 paket sembako dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

“Paket sembako berisi minyak goreng, beras, gula pasir, teh, dan mie instan. Sumber dana berasal dari infaq siswa yang dikumpulkan setiap hari Jum’at selama satu bulan. Selain berupa uang, orang tua siswa juga ada yang menyumbang barang berupa paket sembako,” lanjut Mila.

Ia menyampaikan rasa terima kasih kepada orang tua siswa, yang telah menyisihkan rizqinya untuk kegiatan Jum’at berbagi ini.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat secara rutin dilakukan, harapannya anak-anak akan memiliki rasa peduli terhadap sesama dan senantiasa bersyukur atas apa yang dimiliki sekarang.

“Syukron katsiron wajazakumullaah khairan jaza, semoga Allah Swt membalas kebaikan Ayah dan Bunda semuanya,” lanjutnya.

Bunda Farrel yang mewakili warga Dusun Larangan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak sekolah. (MJ/50)