DEMAK, Mediajateng.net – Inovasi pembelajaran terus dilakukan SMKN 1 Sayung,  Demak. Kali ini, para siswa diajak mengikti Outing Class di Surakarta, Senin (1/11/2016).

Kegiatan outing class atau belajar di luar kelas tersebut di fokuskan di PT. Danarhadi dan PT.  Danliris serta Mahkota Batik Laweyan ini. Tercatat, 62 siswi kelas X dan XI Jurusan Tata Busana turut serta.

Waka Kurikulum SMKN 1 Sayung, Muhammad Amron mengungkapkan,  Outing Class atau pembelajaran di luar kelas itu bertujuan agar siswa dapat mempelajari ilmu bidang busana di dunia industri langsung yang tidak ada di sekolah.

“Dengan inovasi pembelajaran ini diharapkan siswa tidak hanya memperoleh pegetahuan, namun juga memahami sikap yang yang harus diterapkan ketika bekerja di industri,” terang Amron.

Kegiatan Outing Class menurut Amron, juga sebagai bekal untuk menyiapkan siswa dalam memasuki pasar kerja yang sejalan dengan amanat UU Nomor 20  tahun 2003.

Sri Sumaryani, Ketua Paket Keahlian Tata Busana, SMKN 1 Sayung, menambahkan, dalam outing class tersebut, selain siswa belajar seputar dunia batik sebagai warisan budaya bangsa dan praktek membatik, siswa juga diajak untuk megetahui teknologi industri busana yg sedang berkembang saat ini.

“Kita ingin mengingatkan kepada siswa semakin berkembangnya industri batik saat ini yang telah mendunia, serta teknologi peralatan dan teknik pembuatan serta desain busana yang sedang trend,” ujarnya.

Pada saat belajar membatik di Mahkota Batik, Kampung Batik Laweyan, Surakarta , para siswa dengan penuh ketekunan mengikuti  setiap tahap membatik, mulai dari menggambar pola, mencanting, memberi warna dan memoles mala yang diberikan oleh sang instruktur pembatik.

Mereka juga tampak menikmati praktek membatik yang merupakan pengalaman baru baginya.

“Aku seneng banget. Outing Class gak bikin bosan.  Belajar sekaligus jalan jalan. Pokoknya seru dech,” kata Diana Safitri siswi kelas X.

“Kita gak cuma lihat teknologi dan desain busana terkini,  tapi juga belajar membatik lho.  Tadinya sempat kaku, lama lama terbiasa.  Membatik itu ternyata mengasyikan, ” kata dia.

1 KOMENTAR

Comments are closed.