SEMARANG, Mediajateng.net, – Masih terngiang diingatan bagaimana Lombok luluh lantak diguncang gempa, nestapa kembali menimpa Kota Palu dan Kabupaten Donggala. Gempa bumi berkekuatan 7,4 Skala Ritcher ini menyebabkan tsunami hingga ketinggian 4 meter serta menyebabkan ribuan nyawa melayang dan kerusakan dimana-mana.

Pada hari Jumat, (5/10) tepat seminggu yang lalu ketika Donggala-Palu diguncang gempa, lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap Regional Jawa Tengah (ACT cabang Semarang dan Solo) bersama dengan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) menginisasi gerakan membangun kepedulian. Sembilan truk kemanusiaan berisi logistik dan kebutuhan mendasar lainnya berhasil dihimpun untuk membantu saudara terdampak bencana di Donggala, Palu, dan Lombok.

Tujuh armada Truk Kemanusiaan berangkat dari halaman Masjid Jami Jatisari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang menuju pelabuhan Tanjung Perak untuk tujuan Palu.

Sri Suroto, selaku kepala cabang ACT Jateng mengungkapkan, terkumpulnya bantuan hingga sembilan truk logistik ini adalah wujud nyata kepedulian masyarakat Jawa Tengah.

“Alhamdulillah, ACT-MRI bergerak cepat merespon bencana, tiga hari yang lalu kita sudah mengirimkan sembilan relawan menuju Palu, dan pada hari ini kita akan memberangkatkan sembilan truk menuju Donggala-Palu dan juga Lombok,” tutur Suroto.

Rangkaian acara pemberangkatan Truk Kemanusiaan ini dibuka dengan sambutan dari Kepala Kecamatan Mijen, M Yenuarso. Ia menyampaikan kebahagiaan serta mengapresiasi aksi nyata masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap sesama.

“Luar biasa, sinergi ACT bersama dengan masyarakat Jawa Tengah ini harus terus digalakkan. Kepedulian ini tidak ada balasannya, kecuali dari Allah yang akan melipat gandakan kebaikan kita semua, insyaAllah,” ujar Yenuarso.

Sementara dari perwakilan takmir masjid Jami Jatisari, Siswanto, mengaku terkejut dengan dukungan penuh yang diberikan warganya untuk membantu Palu, Donggala dan juga Lombok.

“Hanya dalam kurun waktu empat hari, kita sudah berhasil mengumpulkan logistik sebanyak satu truk bahkan lebih, belum lagi berupa uang yang terkumpul,” ujarnya.

Bantuan logistik untuk bencana di Palu dan Donggaala, akan dikirimkan menuju posko induk ACT yang berada di kecamatan Palu Timur, Kota Palu. Sedangkan bantuan untuk gempa Lombok akan dikirimkan menuju posko induk yang berada di Kecamatan Mataram, NTB. (ot/mj)