SEMARANG, Mediajateng.net –  Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah bagi semua manusia, termasuk bagi para pemulung di TPA Jatibarang, Kecamatan Mijen Semarang. Salah satu lembaga peduli terhadap aksi kemanusiaan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Tengah bersama dengan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jawa Tengah, berbagi bahagia dengan mendatangi ratusan pemulung yang sedang memilah sampah.

Para relawan memulai obrolan dengan santai dengan para pemulung. Berbagi cerita dan memberi semangat baik dalam bekerja maupun beribadah selama bulan ramadhan. Usai dialog santai diakhiri, Tim ACT dan relawan menyiapkan ratusan paket ramadhan. Setiap paketnya berisi belasan bahan kebutuhan pokok, melengkapi menu sahur dan berbuka.
“Alhamdulillah, untuk menambah keberkahan dan khusyuk di awal Ramadan di tahun ini, tak kurang 320 paket disiapkan untuk ratusan pemulung yang hadir,” kata Giyanto, selaku perwakilan Tim ACT Jawa Tengah.
Giyanto memaparkan, program ini adalah salah satu upaya menghadirkan Ramadan terbaik. Program tersebut sekaligus untuk meringankan beban ratusan keluarga menjelang Ramadan.
“Pemulung di TPA Jatibarang berhak menerima Ramadan terbaik karena setiap hari kita sangat terbantu. Mereka menghadirkan kebersihan di sekitar lingkungan kita,” ujar Giyanto.
Sudah kesekian kalinya ACT Jawa Tengah hadir di TPA Jatibarang. Tepat di Ramadan tahun lalu, ratusan paket beras sampai celana jeans juga diberikan untuk ratusan komunitas pemulung di TPA Jatibarang.
Untuk program lanjutan, Giyanto menambahkan akan ada program lanjutan untuk terus menghidupi Ramadan kali ini di sekitar wilayah Jawa Tengah.
“Ada Pesantren Kilat Lansia, Peduli Pelosok Jateng dan beberapa program pemberdayaan akan kami dorong di bulan Ramadan ini. Tujuan seluruhnya serupa, Memberi Ramadan Terbaik,” pungkas Giyanto.