Semarang, mediajateng.net – Menyambut bulan suci Ramadhan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program kerja “Beri Ramadhan Terbaik”. Menurut Branch Manager ACT Jawa Tengah, Sri Suroto, program tersebut mengajak bangsa Indonesia untuk mewujudkan amal saleh untuk kemanusiaan, baik untuk sesama bangsa Indonesia maupun untuk meringankan krisis kemanusiaan global.

“Program ini menekankan pada ikhtiar kuat umat dalam meraih rida-Nya. Ikhtiar terbaik dalam ibadah dan berbagi semata-mata untuk memperoleh penilaian terbaik dari Allah,” katanya kepada Mediajateng.net, Jumat (18/5/18).

Sri menambahkan, Ramadhan merupakan bulan terbaik dan termulia dari semua bulan hijriyah, hal tersebut menjadi momen pelipatgandaan ikhtiar dan amalan terbaik umat Muslim.

“Di dalam negeri, kita memiliki program Humanity Food Truck (HFT), truk layanan makanan gratis untuk warga paling membutuhkan. Insya Allah, akan berkeliling ke wilayah pra-sejahtera di Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat,” jelas Sri Suroto.

Di Jawa Tengah, ACT akan melaksanakan beberapa program kemanusiaan di berbagai kabupaten/kota selama Ramadhan. Secara rutin ACT Jawa Tengah akan mengadakan buka bersama dhuafa dan pendistribusian paket pangan Ramadhan berupa sembako untuk masyarakat di desa-desa pra sejahtera yang terangkum dalam program Pelosok Jateng.

Nantinya juga akan dilaksanakan program peduli lansia, berupa Pesantren Lansia dengan mengadakan senam lansia, pemeriksaan kesehatan, paket sahur dan berbuka puasa untuk 100 lansia dhuafa yang rencananya akan diadakan di Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

“ACT Jawa Tengah juga akan mengimplementasikan program Mobile Sosial Rescue (MSR), yakni program yang menangani pasien medis kurang mampu yang memerlukan biaya tinggi serta tidak tercover oleh BPJS,” tambahnya.

Sri menambahkan juga, ACT Jawa Tengah saat ini sedang mengangkat lima kasus pasien kurang mampu, yakni Ossy penderita kanker tulang di Kendal, Sabilillah penderita tumor kepala di Pati, Yudha penderita gagal fungsi hati di Demak, Fatimah penderita leukimia di Klaten dan Amin penderita hedrosepalus di Banjarnegara.

Sementara program global ACT antara lain yaitu solidaritas kemanusiaan dunia islam (SKDI), yaitu program pangan untuk membantu masyarakat di negara konflik maupun negara miskin.

“Insya Allah, Ramadhan 1439 H, akan ada delapan negara yang akan disapa ACT. Mereka di antaranya Palestina, Suriah, Yaman, Somalia, Kashmir, Mongolia, Bangladesh (Rohingya), dan Myanmar (Rohingya),” bebernya.

Sementara itu, berbagi kebaikan juga meluas hingga luar negeri, khususnya di negara-negara yang mengalami krisis kemanusiaan.

ACT turut menyuplai kebutuhan pangan selama Ramadhan bagi masyarakat yang terkena dampak krisis kemanusiaan. Kebutuhan pangan tersebut di antaranya, paket pangan Ramadhan, paket iftar, serta paket pangan Idul Fitri.(otg-mj)