Hingga tanggal 20 Maret 2017 Bidang Profesi Pengamanan (Bid Propam) Polda Jateng setidaknya merekomendasi Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) kepada anggota Polisi di berbagai Polres Jajaran. Rekomendasi Pemecatan ini setelah 9 anggota Polisi menjalani sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP)

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan (Kabid Propam) Polda Jateng Kombes Budi Haryanto saat ditemui di kantornya, Selasa (21/3). Ia menyebut Pemberhentian Tidak Dengan Hornat (PTDH) kepada 9 anggota Polisi ini meliputi pelanggaran perbuatan tercela yabg mencoreng institusi Polri, menjadi Bandar Narkoba, Disersi dan Penipuan atau tindak pidana yang sudah mempunyai keputusan hukum tetap.

“Dari sembilan anggota yang direkomnedasi dipecat dua diantaranya karena perbuatan tercela seperti Bripda Afifat dari Polres Purbalingga yang menganiaya pengendara mobil . Aiptu Endi anggota Polsek Pringsurat, Polres Temanggung yang mabuk dan menabrak masyarakat saat mengendarai mobil di Karanganyar,” ungkap Budi

Untuk kasus penipuan Bidpropam menyebutkan ada satu anggota Brimob Bripka Dasrin dari Solo juga direkomendasikan untuk dipecat lantaran sudah melakukan perbuatan dua kali serupa secara berulang.

Dari perbandingan kasus tahun 2016, Kombes Budi Haryanto mengakui bahwa ada peningkatan kasus pada tahun 2017 ini. Namun secara prosentase belum dapat dihitung secara mnyuruh. Dari 9 anggota yang direkomendasi dipecat ini didominasi oleh kasus perzinahan

“Perzinahan disini antara lain melakukan kawin siri dan melakukan hubungan layaknya suami istri pada orang lain. Sisanya kasus narkoba dan penipuan CPNS,” imbuh Budi.

Peningkatan anggota yang direkomendasi dipecat ini membuktikan Pimpiinan Polda dalam hal ini Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono serius dan terhadap penataan disipilin dilingkungan internal terutama kepada anggota Polisi yang mencoreng institusi Polri . Untuk itu Budi mengharap kepada anggota Polisi dilingkungan Polda Jateng untuk meningkatkan disiplin dan kinerja sesuai bidangnya masing masing dengan mengedepankan Profesional Modern dan Terpecaya. (MJ-303)