WONOSOBO, Mediajateng.net- Tujuh hari gelar operasi Zebra Candi 2017, Sat Lantas Polres Wonosobo tindak lebih dari 3.000 pengendara. Tidak main-main, dalam razia kelengkapan kendaraan bermotor yang dimulai 1 November lalu, 1.590 Ketilang orang dikenakan sanksi penilangan.

“Selama 7 hari pelaksanaan Operasi Zebra Candi Polres Wonosobo berhasil menindak 1590 tilang yang diberi e-tilang 1.433, sedangkan 157 tilang manual,” urai Kasat Lantas Polres Wonosobo AKP SS. Udiono, S.E, dalam rilisnya, Jumat (9/11/17).

Tidak hanya itu, Kasat Lantas AKP SS Udiono, juga menjelaskan, pengendara yang diberi teguran karena melakukan pelanggaran jauh lebih banyak. “Teguranya 1.936,” katanya sambil menambahkan operasi digelar hingga 14 November 2017.

“Setiap hari dilaksanakan Razia Kepolisian, akan tetapi masih ada saja pelanggaran yang kami temukan,” tambahnya.

“Dari tilang tersebut didominasi oleh pelanggaran kepemilikan surat -surat yakni sebanyak 560 pelanggaran. Dari tidak membawa STNK, hingga pajak terlambat. Pelanggaran selanjutnya tidak menyalakan lampu utama sebanyak 200, tidak menggunakan hlem sebanyak 147 pelanggara,” ungkapnya.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat didominasi oleh pelanggaran sabuk keselamatan. Saat disinggung waktu pelaksanaan operasi, diperoleh keterangan waktu pelaksanaan operasi setelah jam kerja mulai atau setelah pelaksanaan jam pelayanan kepolisian.

Akan tetapi saat jam pelayanan kepolisian di ketemukan pelanggaran kasat mata, maka akan langsung diadakan penindakan ditempat.