SEMARANG, mediajateng.net, – Progres pembangunan kios atau alas dasaran di Pasar Kanjengan Blok C sudah mencapai 50 persen. Menurut Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto, pembangunan tersebut akan digunakan sebagai tempat relokasi sementara bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Mpu Tantular, yang saat ini menempati sepanjang bantaran Kali Berok.

Berdasarkan data Dinas Perdagangan Kota Semarang, sebanyak 650 PKL menempati lokasi tersebut. Bantaran Kali Berok merupakan kawasan Kota Lama yang saat ini tengah dilangsungkan proses revitalisasi.

”Kami sedang menyiapkan. Proses pembangunan alas dasaran di Kanjengan Blok C diperkirakan selesai akhir Februari. Relokasi tersebut bersifat sementara karena rencananya PKL Mpu Tantular nantinya akan ditempatkan di Pasar Johar Baru,” paparnya, saat meninjau pembangunan alas dasaran Kanjengan Blok C, belum lama ini.

Saat peninjauan, pihaknya menemukan ada 8 kios semi permanen dibangun di sekitar lokasi. Dia kemudian meminta agar pemilik membongkar kios tersebut karena terletak di lokasi pembangunan alas dasaran.

“Saat pembangunan selesai, 650 PKL Mpu Tantular akan segera direlokasi ke sini. Sementara untuk ruko-ruko yang berada di sekitar Kanjengan masih diperbolehkan berdagang seperti biasa. Jumlahnya ada 80 ruko,” kata dia.

Sementara itu, tukang bongkar pemilik kios di Blok C Kanjengan Busri, mengatakan, diminta membongkar oleh salah satu pemilik kios yang berada di lokasi pembangunan tersebut.

”Saya disuruh yang punya kios untuk membongkar karena akan digunakan untuk pembangunan. Kios ini digunakan untuk jualan kuliner. Ini jumlah keseluruhan ada delapan kios,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, pelaksana proyek Blok C Pasar Kanjengan dari PT Abipraya, Jeni Winarno memaparkan, pembangunan kios di Blok C ini sudah berjalan 50 persen. Proses pengerjaan saat ini masih dalam tahap pengecoran dasaran. Selanjutnya, pedagang akan diminta berjualan di tenda yang berdiri di atas tanah cor-coran tersebut.

”Kami yang menyediakan tenda untuk para pedagang tersebut. Saat ini masih dalam tahap pemesanan, diperkirakan pertengahan bulan telah datang dan siap dipasang,” kata dia. (ot/mj)