GROBOGAN, Mediajateng.net – Puluhan kelompok tari dari SMA dan SMP di Kabupaten Grobogan beradu kreasi dalam lomba Tari Angguk.

10 kelompok tingkat SMA dan 20 kelompok tingkat SMP yang tiap kelompok terdiri dari 2 orang tersebut beradu pada Rabu (27/10).

“Alhamdulillah 60 siswa menunjukkan kreativitasnya sebagai peserta lomba tari ini. Semoga ke depan, jumlah peserta bisa terus bertambah. Banyaknya peserta ini memang jadi salah satu tolak ukur keberhasilan even yang kita lakukan,” kata Kabid Kebudayaan Disporabudpar Grobogan Marwoto, saat ditemui di kantornya.

Ditambahkan, pembinaan yang diteruskan dengan lomba tari angguk itu dilatarbelakangi dengan ancaman kepunahan kesenian warisan nenek moyang tersebut akibat era globalisasi. Disebutkan, beberapa tahun lalu, grup kesenian Tari Angguk di Grobogan ada puluhan yang tersebar di sejumlah kecamatan. Antara lain, Kecamatan Godong, Grobogan, Kradenan, dan Pulokulon.

“Dulu, grup kesenian tari angguk ini banyak sekali. Sekarang memang masih ada tetapi jumlahnya bisa dihitung dengan jari. Itu pun, pemainnya sudah generasi lama. Pembinaan ini kita lakukan sebagai upaya menghidupkan lagi kesenian tari angguk,” terangnya.

Dijelaskan, sebelum pelaksanaan lomba, pihaknya sudah menggelar pelatihan tari angguk buat 50 guru kesenian tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. Pelatihan yang dilangsungkan di Gedung Wisuda Budaya itu dilakukan selama tiga hari, dari 1-3 September 2016 lalu.

Yudhita,salah satu peserta dari SMA Negeri 1 Godong mengungkapkan bahwa walaupun dia sudah sering menari,namun saat berlatih menari angguk sedikit menemui kesulitan.”Pandangan gak boleh kedepan ,pandangan harus ke atas,” jelasnya.

Berikut ini daftar juara lomba tari angguk Grobogan :
Tingkat SMA : Juara 1 SMA Negeri 1 Purwodadi,Juara 2 SMA Negeri 1 Toroh,Juara 3 SMA 1 Pulokulon,Harapan 1 SMA 1 Grobogan,Harapan 2 SMK 1 Wirosari,Harapan 3 SMA filial Godong.
Tingkat smp : Juara 1 SMP 1 Grobogan,Juara 2 SMP 1 Godong,Juara 3 SMP Penawangan,Harapan 1 SMP 5 Purwodadi,Harapan 2 MTs N Wirosari,Harapan 3 SMP 1 Kedungjati. (MJ-070)

Comments are closed.