Semarang, Mediajateng.net – Polda Jawa tengah setidaknya menangkap sebanyak 54 polisi yang tersangkut kasus pungutan liar (pungli) sepanjang 2016 ini.
Mereka ini tersangkut kasus dari 25 perkara pungli yang ditangani Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Jawa Tengah.

“Ini merupakan tindak lanjut dan langkah kongkrit yang dilakukan kepolisian terkait Peraturan Presiden nomor 87 Tahun 2016 terkait Saber Pungli,” ungkap Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono kemarin.

Condro menyebut pihaknya juga telah melaporkan hasil ini ke beberapa anggota Komisi III DPR yang menanyakan tindak lanjut Perpres tersebut. Ini juga disampaikan saat kegiatan dengar pendapat di Mapolda Jawa Tengah, Jumat pekan lalu.

“Itu ada di internal Polri (yang diproses). Ada dari reserse, lalu lintas dan Sabhara,” lanjutnya.

Terpisag Kepala Bidang Propam Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Budi Haryanto, menambahkan dari 25 perkara itu 6 sudah divonis, sementara sisanya masih dalam proses untuk disidang internal.

“Mereka kena sanksi disiplin, kami proses,” tambah Budi.

Menurut Budi, dari 25 perkara ada 54 polisi yang tersangkut, karena ada beberapa perkara melibatkan lebih dari satu polisi. (MJ-303)

1 KOMENTAR

Comments are closed.