Pemuda Banjarnegara yang pilih jadi Relawan, dilantik Ketua PMI Banjarnegara. Foto : Dok PMI Jateng

BANJARNEGARA, Mediajateng.net – Menjadi sukarelawan kemanusiaan, bukan paksaan. Bahkan, juga tidak mendapatkan penghasilan.

Namun begitu, jumlah pekerja kemanusiaan itu tidak akan berkurang. Bahkan, akan terus bertambah.

Hal ini ditunjukan dari bertambahnya sebanyak 40 orang Relawan baru PMI Kabupaten Banjarnegara. Pekerja kemanusiaan yang siap diterjunkan saat terjadi bencana, dikukuhkan oleh ketua PMI Banjarnegara bertepatan dengan tahun baru Imlek, Selasa (5/2).

Pengukuhan dilakukan setelah seluruh peserta dinyatakan lulus dalam tahapan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Korps Sukarela yang dilaksanakan lima hari.

“Yakinlah bergabung menjadi relawan adalah panggilan jiwa, bukan keterpaksaan,” ungkap Setiawan.

Proses Pengukuhan dan pelantikan ditandai dengan pengumuman ketulusan peserta Pendidikan dan Pelatihan Dasar Korps Sukarela yang dilaksanakan selama lima hari kemarin dengan menempuh 120 jam pelajaran.

Ketua Panitia Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar KSR PMI Banjarnegara Tahun 2019 Yudiono mengatakan, relawan baru diharapkan dapat langsung berorientasi dengan kawan kawan yang sudah terlebih dahulu bergabung.

“jangan canggung, karena saat ini kita telah sama sama dalam satu korps atau kesatuan Relawan PMI Banjarnegara,” ujarnya.

Semangat 7 Prinsip dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional harus selalu menjadi landasan dan pijakan dalam melaksanalan tugas atau misi kemanusiaan menuju pelayanan yang optimal dan profesional.

Komandan Korps Sukarela PMI Banjarnegara Teguh Feriyanto berharap seluruh ilmu yang diperoleh selama pendidikan dan pelatihan dasar dapat diserap optimal, diaplikasikan dan diamalkan dalam kehidupan sehari hari utamanya adalah untuk membantu sesama.

“Tentunya kita berharap tidak ada bencana. Namun terpenting adalah konsep, manajement, jiwa korsa, kedisiplinan dan semangat profesionalisme dalam bertugas dimana tempat menjadi prioritas utama relawan PMI dalam melayani masyarakat,” paparnya.mj/505