SEMARANG, Mediajateng.net – Sebanyak 300 ribu masyarakat Jawa Tengah belum memegang e-KTP. Padahal, pemakaian e-KTP menjadi syarat bagi masyarakat untuk terdaftar dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) maupun Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada 2017. Namun juga sebaliknya, jika masyarakat belum terdaftar dalam DPS maupun DPT, cukup menunjukkan e-KTP.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo menjelaskan, jika ada warga yang tidak masuk DPS dan tetap tidak terdata hingga penetapan DPT, masih tetap bisa memberikan hak suara. Cukup menunjukkan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) atau surat keterangan sudah melakukan perekaman e-KTP saat pencoblosan.

Sampai saat ini, DPS yang belum mengantongi e-KTP mencapai 300 ribu orang. Pihaknya mengimbau agar masyarakat yang belum mengantongi e-KTP, bisa segera melakukan perekaman di kecamatan setempat agar bisa berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini.

“Nanti PPS juga ikut mendorong warga untuk segera melakukan perekaman,” tegas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jateng, Wika Bintang mengaku akan segera menyelesaikan perekaman  e-KTP  akhir November 2016.

“Kami sudah rembugan dan sepakat bahwa akhir November nanti perekaman di seluruh kabupaten/kota sudah selesai,” katanya. (MJ-058)

3 KOMENTAR

Comments are closed.