SEMARANG, Media Jateng.net – Paguyuban Demak Bintoro Nusantara ( Guyub Demi Nusa) menggelar bakti sosial di dua wilayah langganan banjir di Kabupaten Demak.

Aksi itu sebagai wujud kepedulian warga perantauan asal Demak itu, kepada warga terdampak banjir.

Ribuan paket sembako dibagikan kepada warga korban banjir yang baru – baru ini melanda wilayah mereka.

Aksi simpatik di Kecamatan Sayung dan Bonang tersebut, dilaksanakan selama dua hari, 31 Maret – 1 April 2018.

Bantuan dipusatkan di tiga lokasi, yakni Desa Sayung dan Sriwulan, Kecamatan Sayung dan Desa Moro, Kecamatan Bonang.

“Kami menggandeng salah satu BUMN (BNI 46) untuk bakti sosial ini. Total kami bagikan 3 ribu paket sembako,” kata Fathan Subchi, Ketua Umum Guyub Demi Nusa, Minggu (1/4/2018).

Selain banjir, tiga desa tersebut juga dilanda ancaman rob akut yang datang setiap saat.

Bukan hanya paket sembako, paguyuban juga memberikan bantuan tanah padas untuk pengerasan jalan yang diikuti ratusan warga dan aparat desa setempat.

Sejumlah pengurus paguyuban Guyub Demi Nusa hadir dalam acara bakti sosial itu, diantaranya Muhammad Hariri, Hasan Fatoni, Mayjen TNI Hartomo, Catur Budi Harto, serta Edi Sayuti Direktur PT PPILN yang berpusat di Demak.

Acara itu juga dihadiri Bupati Demak M Natsir beserta jajarannya.

“Mengingat kami adalah bagian masyarakat Demak, maka masalah yang dihadapi warga Demak, juga menjadi kepedulian dan tanggung jawab kami juga, ” lanjut Fathan Subchi yang juga anggota DPR RI dari Fraksi PKB.

” Kegiatan ini merupakan awalan program paguyuban di tahun 2018. Nantinya akan ada program-program selanjutnya. Kami mencoba seirama dengan bupati. Kami akan terus menyumbangkan ide – ide besar dan gagasan , agar Demak semakin maju sejajar dengan kota besar lainnya, ” lanjut politisi yang dikenal dekat dengam warga tersebut.

Selain bantuan paket sembako dan pengerasan jalan, aksi sosial yang dilakukan oleh Guyub Demi Nusa ini, juga ditandai dengan pertemuan tatap muka para warga Demak yang sudah sukses di Jakarta itu, dengan paguyuban nelayan dan sentra pengolahan ikan asin, kelompok usaha kadilangu serta silaturahmi bersama Muspida dan tokoh masyarakat Demak.

Hasan Fathoni, Ketua Bidang Ekonomi, Kewirausahaan dan Koperasi Guyub Demi Nusa, menambahakan, selain sebagai ajang silaturahmi dan upaya memupuk solidaritas serta kepedulian terhadap warga kurang mampu, acara ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan dan memperkuat jiwa kewirausahaan masyarakat Demak.

” Ini sangat penting, karena wirausaja merupakan pilar ekonomi nasional. Kita tularkan virus sukses untuk memotivasi warga agar mereka mau dan mampu bekerja keras untuk meningkatkan perekinomiannya, ” kata Hasan yang juga tokoh masyarakat Sayung.