SEMARANG, Mediajateng.net – Badan Narkotika Nasional Provinsi mengumumkan usia pemakai penyalahgunaan narkoba di Jawa Tengah.

Kepala Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Jawa Tengah, Brigjen Pol Tri Agus Heru Prasetyo, menyampaikan bahwa sebanyak 27 persen kasus penyalahgunaan narkoba di Jawa Tengah adalah usia remaja.

“Angka 27 persen tersebut berasal dari jumlah kasus sebesar 600 ribu. Itu adalah angka yang cukup fantastis. Apalagi penyalahgunaan narkoba dilakukan oleh remaja yang merupakan usia sekolah ataupun mahasiswa,” jelas dia, kemarin.

Remaja kini, lanjut dia, sudah jadi sasaran dan menjadi pangsa pasar empuk peredaran narkoba, jumlah tersebut cukup besar dan terus mengalami peningkatan.

“Angka tersebut berasal dari 1,69 persen atau 600 ribu total penduduk yang ada. Sementara sekitar 50 persen kasus dilakukan usia pekerja, sisanya adalah masyarakat yang tidak bekerja,” tandasnya.

Tri Agus menegaskan bahwa saat ini generasi muda atau remaja memiliki resiko tinggi terhadap kasus penyalahgunaan narkoba. Terlebih saat ini banyak obat-obatan psikotropika dengan jenis baru dan mengandung zat sejenis katinon yang biasanya ada pada obat-obatan daftar G yang seharusnya dibeli dan dikonsumsi dengan petunjuk dokter.

“Masih banyak beredar obat-obatan daftar G yang ilegal, tentunya pengawasan harus ditingkatkan. Bukan hanya BNN saja, masyarakat pun harus ikut serta,” timpalnya.

Total saat ini ada 46 jenis narkoba yang ada di Indonesia, sayangnya yang diatur dalam undang-undang dilarang peredarannya masih 16 jenis saja. Zat jenis katinon sendiri merupakan zat adiktif, dan bisa menyebabkan ketergantungan. ” Zat ini hampir mirip dengan kasus yang mejerat artis Raffi Ahmad. Jenis zat lainnya ada pada sirup obat batuk, efeknya hampir sama jika dikonsumsi secara berlebihan,” ucapnya dihadapan 20 perwakilan Universitas yang ada di Jawa Tengah. (MJ-069)

3 KOMENTAR

  1. There are different ways to fry tomatoes, but each of them will require cook to spend row hours in the kitchen, so this food is usually better correct prepare on weekends or for special occasions. When tomatoes are roasted, they get a deep taste and are combined with seafood, antipasto and other roasted vegetables. Moreover, they are ideally suitable for application in the baking industry, in making bread or cake with custard.
    http://stewedtomatoes.top/

Comments are closed.