Kepergok Mencuri di Rumah Sakit, Seorang Pria Diamankan Polsek Purbalingga

IMG-20170812-WA0065

Purbalingga – mediajateng.net

Aksi nekat dilakukan seorang pria berinisial KH (45) warga Desa Sinduraja, Kecamatan Kaligondang, Purbalingga. Pasalnya ia beraksi mencuri tiga buah telepon genggam milik penunggu pasien di Rumah Sakit Goeteng Tarunadibrata Purbalingga, Sabtu (12/8/2017) dini hari.

Saat sedang melakukan aksinya ia dipergoki oleh salah seorang korban yang sedang penunggu pasien. Selanjutnya pelaku diteriaki maling dan berhasil diamankan oleh sejumlah warga yang berada di sekitar lokasi.

Pelaku yang tertangkap sempat hendak dihakimi warga yang geram akan ulahnya. Beruntung pelaku dapat diselamatkan Satpam rumah sakit dari amuk masa dan kemudian diserahkan ke Polsek Purbalingga.

Kapolsek Purbalingga AKP Riyatnadi mengatakan bahwa pelaku beraksi pada dini hari di ruang tunggu pasien rumah sakit. Aksinya dilakukan dengan memanfaatkan kelengahan pemilik telepon genggam saat menunggu pasien. Ketika para penunggu pasien sedang tertidur, pelaku langsung beraksi.

“Modus yang dilakukan pelaku dengan berkeliling mencari sasaran di dalam rumah sakit. Saat menjumpai ada telepon genggam ditinggal tidur pemiliknya kemudian diambil dan dibawa kabur,” jelas kapolsek.

Kapolsek menambahkan, sebelum dipergoki warga, pelaku sudah mencuri dua telepon genggam di lokasi tersebut. Saat mengambil telepon untuk ketiga kalinya, aksinya diketahui korban yang bernama Sujarti. Hingga akhirnya diteriaki maling dan ditangkap warga.

“Dari tangan pelaku, diamankan barang bukti berupa tiga buah telepon genggam yaitu merk Samsung, Smartfren dan Evercross,” ucap Kapolsek.

Setelah dilakukan pemeriksaan di TKP dan meminta keterangan sejumlah saksi, diketahui telepon genggam yang dicuri adalah milik korban bernama Dimas Candra Subekti (19) warga Desa Meri RT 6 RW 2, Kecamatan Kutasari, Purbalingga, Sujarti (40) warga Desa Sidanegara Kecamatan Kaligondang, Purbalingga dan Andwy Ganda Dirgantara (20) warga Desa Karangcegak, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas.
Menurut pengakuan tersangka, aksinya mencuri telepon genggam di rumah sakit baru kali ini dilakukan karena butuh uang. Namun tersangka juga mengaku pernah dihukum karena melakukan pencurian sepeda di desanya.

“Pelaku saat ini sudah diamankan di polsek dan masih dalam pemeriksaan lebih lanjut. Kepadanya dikenakan pasal 362 KUHP tentang Pencurian, dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara,” pungkas Kapolsek. (MJ-303)

Tags: