Tim Saber Pungli Ringkus Oknum LSM Peras Kades di Grobogang

20170801_195350-1024x576

Grobogan – mediajatebg.net

Tiga oknum wartawan diringkus Tim Saber Pungli dan Polsek Godong Grobogan, usai melakukan pemerasan beberapa kepala desa (Kades) di daerah itu, Selasa (1/8).
UTG (56), warga Desa Tegowanu Kulon Kecamatan Tegowanu, AS (37) dan BS (35), keduanya warga Demak, kini diaman di Mapolsek Godog.

“UTG mengaku dari sebuah LSM dan media onlie, AS dan BS mengaku wartawan sebuah tabloid terbitan Semarang dan Demak. Dari tangan ketiga oknum tersebut, kami mengamankan barang bukti sejumlah uang tunai dan sebuah mobil Totoyota Avanza H 8586 HW yang diduga nomor polisi palsu,” ungkap kapolsek Godong AKP Ngadiyo.

Kasus pemerasan yang diduga dilakukan ketiga oknum tersebut terungkap setelah ada laporan beberapa Kades yang mengaku resah dikejar-kejar ketiga pelaku dan diperas sejumlah uang.

Dugaaan sementara modus para pelaku mencari-cari kesalahan pelaksanaan proyek infrastruktur yang dilaksanakan Tim Pelakasana Kegiatan (TPK) desa setempat.

“Jika tidak diberi uang sesuai jumlah yang diminta, ketiga pelaku mengancam akan memberitakan di media mereka. Setelah mendapat laporan itu, malam sebelum ketiga pelaku diamankan, kami langsung berkoordinasi dengan Kapolsek dan Danramil. Nah, pagi harinya ketiga pelaku malah datang ke Kantor Kecamatan. Sehingga Pak Kapolsek langsung menjemputnya untuk dibawa ke Mapolsek,” terang Camat Godong Bambang Haryono.

Berdasarkan hasil pendataan sementara, sedikitnya sudah ada 7 kades yang didatangi ketiga pelaku. Lima kades diantaranya sudah diperas uang antara Rp 1 hingga Rp 1,5 juta, satu kades telah menyiapkan uang dan satu kades menolak memberi uang.

Ketika diperiksa, ketiga pelaku mengaku terus terang telah mintai sejumlah uang kepada beberapa kades. Namun ketiga mengelak jika dituduh melakukan pemerasan.

“Sebanarnya tidak memeras, tetapi saya minta uang untuk biaya cetak,” kata salah seorang pelaku. (MJ-303)

Tags: