2017 Bandara Wirasaba Beroperasi

BANJARNEGARA, Mediajateng.net – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo optimis, Bandara Wirasaba di Kabupaten Purbalingga pada 2017 sudah mulai dioperasionalkan. Untuk
itu, kini mulai dipikirkan pengembangan daerah-daerah yang berada di sekitar bandara.
“Direncanakan pada 2017 Bandara Wirasaba sudah dioperasionalkan. Selama dua tahun ini, yang perlu dipikirkan adalah potensi pengembangan daerah-daerah di sekitarnya, seperti Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga, Kebumen, Wonosobo dan beberapa daerah lainnya,” terang Ganjar saat ngopi bareng warga di Historia Cafe Banjarnegara, Senin (4/4).
Salah satu eks karisedenan yang paling dekat adalah eks Karisedenan Pekalongan, meliputi Pemalang, Pekalongan, Kota Pekalongan, Tegal dan Kota Tegal serta Brebes. Akses jalan tercepat dari eks Karisedenan Pekolangan ke Bandara Wirasaba adalah melalui jalur Pekalongan-Dieng-Banjarnegara. Namun kondisi jalan tersebut masih perlu pengembangan dan perbaikan.
Selain itu, kawasan wisata Dieng juga perlu maksimalisasi pengembangan. Sejumlah gelaran dalam rangka meramaikan Dieng terus digeber. Termasuk acara Dieng Culture Festival. “Kita dorong dengan mendatangkan pemain jazz dunia di acara Dieng Culture Festival. Harapannya dengan mendatangkan musisi-musisi jazz dunia, kawasan wisata Dieng semakin terkenal,” imbuh Gubernur.
Rencana operasional Bandara Wirasaba menjadi bandara komersil sebagaimana persetujuan dari Menhub Igansius Jonan ini membuat Ganjar lega. Sebab untuk mewujudkan itu, perlu perjuangan panjang pemerintah daerah. Persetujuan tersebut dikeluarkan Menhub lantaran Bandara Tunggulwulung Cilacap ada keterbatasan Kawasan Keseleamatan Operasi Penerbangan (KKOP).
Ganjar berharap, dengan aktifnya Bandara Wirasaba, maka akan banyak alternatif transportasi untuk menuju Jawa Tengah di bagian selatan. “Sebetulnya saya sangat berharap, lebaran 2016 ini bandara sudah bisa digunakan, sebagaimana selama ini berjalan meski dengan pesawat kecil,” pungkas politisi PDI Perjuangan ini. (Mj-65)

Comments are closed.