SEMARANG – mediajateng.net

Petugas unit Reskrim Polsek Gayamsari berhasil membekuk dua orang pencuri dengan sasaran tempat kos dan eumah kosong. Dalam aksinya, mereka mengincar rumah yang ditinggal penghuninya.

Dua pelaku yang tidak mrmpunyai pekerjaan alias pengangguran, masing-masing adalah Wanto (34) warga Kalicari, Pedurungan, dan Farid Dwi Darmawan (22) warga Tlogotimun, Pedurungan.

Keduanya ditangkap a setelah membobol rumah kosong yang berada di jalan Beruang Dalam Barat No 22, Gayamsari pada Kamis (25/10) . Mereka mengambil televisi, kipas angin, dan satu telpon genggam

Kapolek Gayamsari, Kompol Wahyuni Sri Lestari mengatakan, modus pelaku yakni sebelum beraksi mereka berkeliling mencari sasaran dengan naik motor Yamaha Mio. Dengan posisi pelaku Farid di depan sesangkan Wanto membonceng.

“Setelah dapat sasaran, pelaku turun dari motor dan mencongkel kunci gembok kamar kos menggunakan besi panjang dan obeng. Lalu mereka menggasak barang-barang yang ada,” jelasnya rilis kasus, Senin (30/10).

Dari pengakuannya, pelaku baru satu kali mencuri di wilayah hukum Gayamsari. Namun pihaknya menduga tidak menutup kemungkinan, kedua pelaku ini juga sudah beraksi di tempat lainnya.

“Pengakuannya satu kali di Gayamsari, tapi tidak menutup kemungkinan mencuri di tempat lainnya,” imbuh Yuni

Sedangkan, Wanto mengaku mempunyai trik khusus untuk mengetahui kamar kos yang ditinggalkan penghuninya di siang hari. Yakni dengan melihat pintu kamar yang digembok dari luar dan melihat lampu kamar yang masih menyala.

“Muter-muter dulu, kalau ada kamar yang digembok kita congkel, biasanya enggak ada penghuninya,” tutur pelaku yang pengangguran itu.

Akibat perbuatannya, para pelaku bakal dikenakan Pasal 363 KUHP dengan hukuman maksimal 7 tahun penjara. Para pelaku masih ditahan di Polsek Gayamsari untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut. (MJ-303)