Purbalingga – mediajateng.net

Anggota Polsek Purbalingga mengamankan dua pelaku pencurian helm yang beraksi di halaman Kantor Kecamatan Purbalingga, Rabu (5/7) sore. Keduanya diamankan untuk menghindari aksi massa yang geram akibat ulah mereka.

Kapolsek Purbalingga AKP Riyatnadi mengungkapkan bahwa peristiwa pencurian helm terjadi sekitar pukul 14.30 WIB di halaman Kantor Kecamatan Purbalingga. Pelaku berhasil ditangkap warga dan petugas kecamatan yang memergoki aksinya.

“Setelah mendapatkan laporan adanya pencuri helm tertangkap, pihaknya langsung mendatangi TKP dan mengamankan kedua pelaku beserta barang buktinya ke kantor polsek. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari aksi main hakim sendiri terhadap pelaku,” jelas Riyatnadi

Pelaku yang diamankan adalah AR (32) warga Desa Mustikasari, Kecamatan Mustikajaya Bekasi Timur dan CAS (17), warga Desa Jatisaba, Kecamatan/Kabupaten Purbalingga. Saat diperiksa, AR sempat menunjukkan kartu identitas wartawan dan kartu identitas anggota salah satu ormas di wilayah Jawa Barat.

Saat dimintai keterangan, keduanya mengaku bahwa tindakannya mencuri helm untuk dijual. Sedangkan uang hasil penjualan rencananya akan digunakan sebagai ongkos pulang ke Jakarta.

Helm yang diambil saat kejadian adalah milik Pujo Wartoyo (39) warga Desa Panin RT 22 RW 1, Kecamatan Kemangkon, Purbalingga. Saat itu, korban sedang mengurus administrasi di Kantor Kecamatan Purbalingga.

“Hingga saat ini, pelaku masih dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dan untuk pengembangan kasusnya karena berdasarkan informasi dari karyawan kecamatan di lokasi seringvterjadi pencurian helm” pungkas kapolsek. (MJ-303)