DEMAK, Mediajateng.net – Sebanyak 2000 anggota Pramuka Kabupaten Demak, melakukan aksi simpatik, dengan bersih – bersih sungai tuntang lama, Sabtu (24/11/2018).

Mereka berjibaku membersihkan sungai yang melintasi Kota Demak tersebut dari tumpukan sampah dan enceng gondok.
Pasukan Tunas Kelapa itu bergotong royong memunguti sampah , memotong rumput dan juga membersihkan enceng gondong yang memenuhi sungai dan mengangkutnya ke tempat sampah yang telah disediakan.

Mesti keringat bercucuran , namun tak menyurutkan semangat mereka dalam mendharma bhaktikan hidupnya untuk Kota Wali tercinta. Aksi bersih – bersih sungai sepanjang 5 kilometer itu, dipimpin langsung oleh Ketua Kwarcab Demak, M Natsir, yang juga Bupati Demak.

“Kali Tuntang ini, paling padat sampahnya, makanya Pramuka jegurke kene (diterjunkan disini),” kata M Natsir.

Selain anggota Pramuka, aksi bersih – bersih Sungai Tuntang ini juga didukung oleh Dinas Pekerjaan Umum Demak, Dinas Pemukiman Demak, BPBD Demak dan Satpol PP Demak.

Menurut Natsir, sebagai anggota Pramuka, maka harus memiliki jiwa peduli terhadap lingkungan di sekitarnya. Semangat peduli lingkungan merupakan bagian dari pelaksanaan Dasa Dhrama Pramuka.

“Budaya bersih harus terus digalakan setiap saat. Pramuka bersihkan pasar, bersihkan Kali Tuntang. Mereka terus kita ajak berjalan bersama agar Demak semakin bersih. Jadi , tidak hanya pemerintah saja tapi mereka (Pramuka) juga ikut,” bebernya.

Selain aksi bersih – bersih , para anggota Pramuka juga melakukan edukasi kepada masyarakat sekitar akan pentingnya kebersihan lingkungan termasuk di lingkungan pondok pesantren.

“Tidak hanya bersih – bersih saja, kita juga ada Pramuka menanam. Kesehatan ada Saka Bhakti Husada, Kepolisian ada Saka Bhayangkara, TNI ada Saka Kartika dan Saka pariwisata serta unit bantu pertolongan Pramuka (Obaloka). Pramuka kita kerahkan bersama. Hampir di semunyaa kita bentuk. Pelan tapi pasti,” tutupnya.