Dandim Purwodadi tinjau langsung pelaksanaan KBM TNI. Foto : Tri Agung/mj

GROBOGAN, Mediajateng.net- Tidak saja perintah, namun Komandan Kodim 0717/Purwodadi Letkol Inf Asman Mokoginta, juga turun langsung ke lapangan untuk melihat dan bekerja membantu pelaksanaan Karya Bhakti Mandiri (KBM) TNI di Desa Klitikan, Kecamayan Kedungjati, Kabupaten Grobogan, Senin (11/2).

Bukan tidak percaya pada hasil kerja anggota, namun kehadiran sosok nomor satu di Kodim 0717/Purwodadi itu juga untuk memberi semangat anggota dalam tugas.

KBM TNI yang sudah berjalan sepekan, tidak saja membantu sarana fisik di pedesaan, namun juga menjadi sarana untuk menjembatani komunikasi antata masyarakat dengan TNI.

Hal ini, dilakukan dalam menyelesaikan sasaran yang sudah ditentukan melalui program pembangunan yang berbasis gotong royong.

Langkah itu dilakukan mengingat KBM TNI memiliki arti penting dalam memajukan perekonomian warga pedesaan.

Komandan Kodim 0717/Purwodadi Letkol Inf Asman Mokoginta mengatakan, pihaknya merasa bangga dangan warga Desa.

“Kita bangga dengan warga Klitikan dari berbagai kalangan mulai dari generasi muda, ibu-ibu, tokoh masyarakatnya maupun aparat pemerintahan semua mendukung pelaksanaan KBM TNI yang sedang berjalan,” katanya.

“Tidak mengenal lelah bahu membahu bekerja sama dengan bapak-bapak TNI dan selalu bersinergi demi kelancaran pelaksanaan tugas,” tambahnya.

“KBM TNI tidak semata-mata untuk membuat bangunan yang tadinya tidak ada menjadi ada lalu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat banyak, makna yang lebih penting dari itu semua adalah, nilai kebersamaanya hal ini tidak bisa kita hargai dengan apapun,” katanya.

“Di jaman sekarang ini kebanyakan orang ingin menunjukan bahwa mereka sudah berpikiran orang modern seperti kehidupan di kota-kota besar, yang cenderung apatis terhadap lingkungan serta egois, sehingga meninggalkan budaya warisan bangsa kita sendiri yang dinamakan gotong royong,” tambahnya.

Dampak negatif yang muncul yakni makin terkikisnya rasa solidaritas antat sesama.

“Sehingga terbangun soliditas dan sinergitas TNI dengan aparat pemerintah serta komponan masyarakat lainya guna mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat yang selama ini sudah terbina dengan baik,” pungkasnya.

Kades Klitikan Surinto mengatakan, semenjak menjabat Kades baru pertama kali mendapatkan giliran program KBM TNI dari Pemerintah Kabupaten Grobogan bekerjasama dengan Kodim 0717/Purwodadi. “Saya merasa senang dan terharu karena dipercaya oleh Pemda Kabupaten Grobogan, untuk bersama TNI,” katanya.

“Kami akan selalu mendukung penuh apapun yang dibutuhkan bapak TNI untuk menyelesaikan program, baik sasaran fisik yang berupa pembangunan infrastrutur pengecoran jalan rabat beton maupun sasaran non fisik sperti sosilaisasi bela negara dan PPBN, Kamtibmas, Narkoba, Radikalisme, Hukum, Kesehatan, Bazar murah dan KB Kes,” pungkas Surinto.(Ag/mj)