DEMAK, Mediajateng.net – Polres Demak menggelar kegiatan rutin mengaji bersama yang dilaksanakan setiap hari Kamis. Seusai apel pagi, anggota Polres Demak langsung menuju Masjid Uswatun Hasanah di lingkungan Mapolres Demak.

Mereka melaksanakan shalat Duha yang dilanjutkan dengan pembacaan asmaul husna dan surat yasin.

Acara diakhiri dengan kajian keagamaan.

”Ini bagian dari pembinaan kerohanian dan mental anggota kepolisian yang beraga Islam. Dengan harapan menguatkan keimanan mereka sehingga terhindar dari perbuatan tercela,” kata Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar, Kamis (10/1/2019).

Sebagai umat beragama, lanjut Bahtiar, anggota kepolisian harus memiliki landasan keimanan yang kuat agar dapat menjalankan tugas maupun amanat dari pimpinan dengan baik.

Selain itu dapat menghindari dari tindakan atau perbuatan yang dapat mencoreng nama baik institusi kepolisian.

Pemahaman ketakwaan terhadap agama akan membawa pemeluknya untuk selalu berbuat baik, disiplin dan bertanggung jawab.

Sebab, dengan dasar ketakwaan yang dipancarkan dari keimanan seseorang akan melahirkan sikap-sikap arif, bijaksana, mengayomi, toleransi, jujur, dan tanggung jawab.

”Harapan kami, melalui Bimbingan rohani dan mental (Binrohtal) ini, dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Nantinya dapat diimplementasikan dalam kegiatan sehari – hari sebagai anggota Polri, sehingga terwujud sikap profesional yang dilandasi dengan keimanan,’’ ujarnya.

Puncak Binrohtal tersebut diisi dengan ceramah oleh KH Shobari.

Dia mengajak seluruh aparat kepolisian untuk membiasakan diri mengawali kerja dengan niat menjalankan ibadah.

Menurutnya, sebagai abdi negara yang mengemban amanat mulia, aktivitas sebagai polisi merupakan ladang ibadah.

”Untuk itu, setiap aktivitas menjalankan tugas melayani masyarakat, awali dengan niat untuk ibadah. Baca basmallah, mengharap ridha dan berkah dari Allah Ta’ala,” sarannya.

Polisi , sambung Shobari, tidak lepas dari hubungan dengan masyarakat dalam pelaksanaan tugasnya. Sehingga banyak permasalahan yang harus di hadapi.

“Mari kita bersama-sama meningkatkan mutu hubungan dengan Allah Ta’ala dan hubungan dengan manusia. Sehingga hidup terasa harmonis dan indah,” pungkasnya.