184 Taruna Akmil Tingkat lV Tahun 2021 Resmi menyandang Baret dan Brevet Infanteri

Cilacap, mediajateng.net – Sebanyak 184 Taruna Akmil Tingkat lV Tahun 2021, 1 diantaranya Taruna Akmil dari Kamboja secara resmi menyandang Baret dan Brevet Infanteri.

Hal ini ditandai dengan Upacara Tradisi Pembaretan Korps Infanteri Siswa Pendidikan Kecabangan Perwira Infanteri (Dikcabpaif) Tahun 2021 yang digelar Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussenif) Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Kodiklat) TNI AD, bertempat di Komplek Area 70 Pantai Teluk Penyu Cilacap Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jumat, 10 Desember 2021.

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Danpussenif Kodiklat Letjen TNI Arif Rahman, M.A, Komandan Upacara (Danup) Letkol Inf Arens France George A yang sehari hari menjabat sebagai Dandenlat dan Perwira Upacara (Pa Up) Mayar Inf Didik Sudarmawan,S.I.P selaku Wadansadik.

Pejabat Pussenif yang hadir antaralain, Danpussenif Kodiklat Letjen TNI Arif Rahman, M.A., Irpussenif Brigjen TNI Sutjipto, Danpusdikif Brigjen TNI Tatan Ardianto, S.I.P, Dirum Pussenif Brigjen TNI Windiyatno, Dirdik kodiklatad Brigjen TNI Budi Eko Mulyono, S.Sos,.M.M, Wagub Akmil Brigjen TNI I Gde Agit Thomas, Dirbinrenproggar Pussenif Kolonel Inf Andre Clift Rumbayan, S.Sos, M.M dan Danpusdikbjas Kodiklat Kolonel Inf Syafarudin.

Turut hadir dalam kegiatan, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel lnf. Dwi Lagan Safrudin, S.l.P, Dandim 0703/Cilacap Letkol lnf. Andi Afandi, S.l.P, Kapolres Cilacap AKBP. Eko Widiantoro, S.I.K., M.H, Pasprogar Lanal Cilacap Mayor Laut (S) Slamet Suhermanto, Ka. Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya, Ka Pangkalan Kopassus Cilacap Kapten Inf Lukman dan hadirin lainya.

Dalam amanatnya Danpussenif Kodiklatad mengatakan sebagai insan yang beriman dan bertakwa marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang maha esa Yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita sekalian sehingga pada hari ini kita dapat melaksanakan upacara “Tradisi Pembaretan Siswa Dikcabpaif Taruna Akmil TK. lV tahun 2021” dalam keadaan aman dan lancar.

“Baru saja kita ikuti bersama profesi tradisi pembaretan yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perjalanan seorang prajurit infanteri. Berkenaan dengan itu, saya selaku komandan pusat kesenjataan infanteri beserta seluruh keluarga besar Korps lnfanteri mengucapkan selamat atas kemampuan yang telah diraih sekaligus mengesahkan pemakaian Baret dan Brevet Yudhawastu Pramuka (Infanteri),” katanya.

Lebih lanjut, dengan telah disahkan menggunakan baret dan Brevet ini menuntut para prajurit sekalian untuk senantiasa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan prajurit infanteri sebagai bekal pengabdian kepada Bangsa dan Negara.

“Tradisi pembaretan dan penyematan brevet kualifikasi Yudha wastu Pramuka merupakan suatu pengakuan dan penghargaan serta lambang kehormatan bagi prajurit infanteri sebagai Queen Of Battle, Prajurit infanteri harus memiliki kemampuan untuk bergerak di setiap bentuk medan pertempuran yang tidak dimiliki oleh prajurit di luar kecabangan infanteri,” tandasnya. (MJ/50)