16 Orang Lolos Seleksi Penerimaan Inspektur Polisi Sumber Sarjana

SEMARANG – mediajateng.net

Sidang Terbuka Penetapan Kelulusan Tingkat Panitia Daerah Penerimaan Inspektur Polisi Sumber Sarjana Tahun Anggaran 2017 menetaokan Sebanyak 16 calon polisi dinyatakan lolos seleksi tingkat Jawa Tengah. Penetapan tersebut berlangsung di Gedung M. Yasin, Komplek Akademi Kepolisian (Akpol), Kota Semarang, Sabtu (11/3).

Mereka yang lolos ini telah melalui berbagai tahapan seleksi tingkat Polda Jawa Tengah. Semula ada 202 peserta yang mendaftar, terdiri 151 laki-laki, 51 wanita. Setelah seleksi tahap akhir tingkat Jawa Tengah, tersisa 44 calon, yakni 32 laki-laki, 12 wanita. Pendafaran Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) ini sudah dimulai pada 25 Januari hingga 28 Februari 2017 lalu.

Sebanyak 44 calon polisi itulah yang menghadiri sidang terbuka penetapan kelulusan tersebut, dipilih lagi 16 calon didasarkan pada perangkingan dari nilai kesehatan dan psikotes. Sidang terbuka itu juga dihadiri orang tua calon siswa.

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Brigjen Pol Indrajit, mengatakan mereka yang lolos tingkat daerah akan dikirim ke Mabes Polri di Jakarta untuk mengikuti seleksi tingkat pusat. Ini untuk meningkatkan kemampuan berdasarkan keahlian untuk menunjang tugas kepolisian, di antaranya seperti fungsi kedokteran, psikologis hingga forensik.

“Kuota nasional 75 orang. Nanti mereka akan diseleksi lagi, untuk Jawa Tengah, kebutuhannya yang menentukan Mabes Polri,” kata Indrajit yang saat itu jadi pimpinan sidang mewakili Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono.

Lanjut Indrajit, proses seleksi sangat transparan. Melibatkan pengawas baik internal maupun eksternal, termasuk lembaga swadaya masyarakat (LSM). Proses komputerisasi juga dilakukan sangat aman, sehingga tidak ada manipulasi ataupun sabotase hasil seleksi.

“Sekarang penerimaan Polri itu transparan, akuntabel. Saya ini polisi loh, anak saya saya siapkan 3 tahun, jasmani, psikologi (mendaftar Akpol). Kalau emang nggak lulus ya nggak lulus. ,” ungkapnya

Sementara itu,ke 16 Calon yang lolos adalah Muhammad Jauhar Bhayangkara Putra (S1 Psikologi), Krishna Duta Dharmawan (S1 Sistem Informasi), Anggit Prasetyo (S1 Teknik Elektro), Deny Arga Felani (S1 Teknik Informatika), Danu Permadi Rendra (S1 Teknik Informatika), Rio Dwi Handoko (S1 Teknik Informatika), Titus Dwi Prakoso (S1 Teknik Kimia) dan Dedy Afrijal (S2 Profesi Psikologi).

Evani Pertika Raharjo (S1 hubungan Internasional), Faizal Dilfi Putra (S1 Ilmu Hukum), Sigit Fajar Oktariano (S1 Ilmu Komunikasi), Reza Maulana Alamsyah (S1 Ilmu Komunikasi), Yoganta Wihandono (S1 Ilmu Sejarah), Arif Fatoni (S1 Kurikulum Pendidikan), Achmad Subekti Trimantoto (S1 Kurikulum Pendidikan), Kamarul Widyawati (S1 Profesi Kedokteran Umum ). ( MJ-303 )