16.034 Kartu Sakti Dibagikan

BLORA– Bukan saja bibingan usaha, namun untuk mengentaskan warga dari kemiskinan pemerintah Kabupate Blora juga serahkan kartu sakti bagi 16.034 warga yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Kartu sakti bernama Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dapat digunakan untuk membeli bahan makanan diberikan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) di aula Koperasi Pendidikan kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora.

Pemberian KKS, dilakukan secara langsung oleh Bupati Blora, Djoko Nugroho memberikan secara simbolis KKS kepada perwakilan penerima KKS Kecamatan Banjarejo.

Kepala Dinsos P3A Kabupaten Blora Sri Handoko, kepada Mediajateng.net, Rabu (14/3/18) menjelaskan, tahun 2018 Kabupaten Blora mendapatkan tambahan penerima KKS untuk Program Keluarga Harapan (PKH) dengan total keseluruhan 16.034 KKS.

“Untuk kecamatan Banjarejo sendiri merupakan kecamatan dengan jumlah penerima KKS terbanyak yakni 1.049 KKS. Secara bertahap akan disalurkan mulai hari ini selama dua minggu ke depan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Blora ini,” katanya.

Sri Handoko menambahkan penyampaian KKS kepada yang bersangkutan selambat-lambatnya selesai pada 29 Maret 2018. Sementara untuk program beras sejahtera (Rastra) di Kabupaten Blora sudah berjalan lancar.

Sri Handoko mengatakan di tahun ini jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) Kabupaten Blora menggundurkan diri.

“Jumlahnya ada 9 KPM yang mengundurkan diri. 8 KPM dari kecamatan Todanan dan 1 KPM dari kecamatan Ngawen,” paparnya.

Sri Handoko menjelaskan atas mundurnya kesembilan KPM tersebut membuktikan tingkat ekonomi masyarakat di Kabupaten Blora mengalami kemajuan.

Sementara itu Djoko Nugroho dalam sambutannya memaparkan Pemkab Blora sangat mengapresiasi adanya program KKS ini dengan harapan dapat benar-benar tepat sasaran dan mampu bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkannya.

“Saya harap nantinya benar-benar tepat sasaran. Karena itu, Pak Camat, Pak Kades, serta pendamping diharapkan mendata yang benar-benar membutuhkannya. Jangan sampai yang mampu malah dapat, yang tidak mampu malah tidak dapat,” kata Djoko Nugroho.

Dikatakan Djoko, KKS ini memang dapat dijadikan manfaat untuk menyejahterakan keluarga.

“Ini jika dimanfaatkam dengan baik, bisa dijadikan modal sehingga nantinya bisa mendapatkan hasil lagi,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini hadir pula Asisten II Sekda Blora Selamet Pamuji, Para camat se Kabupaten Blora, Forkopimcam Banjarejo, dan perwakilan Bank BNI yang dijadikan mitra dalam penyaluran KKS tersebut. (Agung-MJ)