14 Calon Kades di Demak Bertarung dalam Pesta Demokrasi Lokal

0
182

DEMAK, Mediajateng.net – Sebanyak 14 kandidat calon ikut bertarung dalam bursa pemilihan kepala desa (Pilkades) yang digelar serentak di enam desa, Minggu (8/12/2019).

Adapun enam desa yang menggelar pilkades serentak yakni Desa Batursari Kecamatan Mranggen, Desa Kuripan Kecamatan Karangawen,
Desa Kerangkulon Kecamatan Wonosalam, Desa Harjowinangun Kecamatan Dempet, Desa Babad Kecamatan Kebonagung dan Desa
Berahan Kulon Kecamatan Wedung.

Tercatat ada 37.942 orang yang dapat menggunakan hak pilihnya untuk mencoblos orang nomor satu di desa mereka.

Pilkades benar benar menjadi pestanya rakyat. Suasana desa menjadi ramai. Para pendukung calon berbondong bondong datang ke TPS sembari mengelu elukan jagonya. Di sepanjang jalan lokasi pemungutan suara suasana juga seperti pasar tumpah, di kanan kiri berderet pedagang baik makan , minuman maupun mainan anak anak.

Pilkades serentak di Kota Wali mendapat perhatian dari sejumlah pihak , termasuk Bupati Demak M Natsir yang bersama sama Kapolres Demak R Fidelis Purna Timuranto langsung memantau pelaksanaan pesta demokrasi lokal tersebut.

“Alhamdulillah semua berjalan dengan baik, masyarakat antusias untuk menyampaikan hak pilihnya, sesuai aspirasinya masing – masing ,” kata Bupati Natsir seusai memantau pelaksanaan Pilkades di Desa Harjowinagun, Kecamatan Dempet.

Bupati menambahkan, semua stakeholder bergerak bersama untuk mensukseskan pelaksanaan pilkades serentak, baik Pemkab Demak, kecamatan, desa, aparat TNI dan Polri.

Semuanya telah berjalan sesuai dengan tupoksinya masing – masing, sehingga diharapkan pilkades bisa berjalan lancar.

“Semuanya telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Harapannya tidak ada apa-apa dan pilkades sukses tanpa ekses,” ujarnya.

“Kita berdoa saja mudah-mudahan pelaksanaan pilkades di Kabupaten Demak lancar,” tutupnya.

Kapolres Demak R Fidelis Purna Timuranto mengatakan, Polres Demak telah mengerahkan ratusan personelnya dengan melibatkan polsek jajaran untuk mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak di 6 desa, agar berjalan lancar , aman dan kondusif.

“Kita bantu pengamanan pilkades ini agar pelaksananannya bisa berjalan lancar dan kondusif,” kata AKBP Fidelis

Sementara itu, pelaksanaan pilkades di Desa Batursari Kecamatan Mranggen diikuti oleh tiga kandidat calon yakni Nur Kholis, Ahmad Hartanto dan Sutikno. Sebanyak 23.459 pemilih mencoblos di 42 TPS.

Desa Kuripan Kecamatan Karangawen diikuti dua calon yakni Endro dan
Suryo Priyono. Ada 3870 orang yang menggunakan hak pilihnya di 8 TPS.

Desa Kerangkulon Kecamatan Wonosalam, diikuti oleh dua calon yakni Ahmad Saifuddin dan Setyo Jatmiko. Pilkades di desa tersebut terdapat 3297 pemilih yang mencoblos di 7 TPS.

Desa Harjowinangun Kecamatan Dempet , pilkades diikuti dua calon yakni Sulkin dan
Siswanto. Ada 4279 orang yang menggunakan hak pilihnya di 9 TPS.

Desa Babad Kecamatan Kebonagung, diikuti oleh dua calon yakni Handono dan Moehtarom. Ada 4 TPS yang digunakan untuk mencoblos 1891 pemilih.

Desa Berahan Kulon Kecamatan Wedung, pilkades diikuti tiga calon yakni Fathiyaturrohmah Imah, Sugondo dan
Sumarjiyo. Sebanyak 1146 orang menggunakan hak pilihnya di 3 TPS