Semarang, mediajateng.net – BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Semarang memastikan seluruh pemudik dari berbagai kota akan terjamin mendapatkan pelayanan kesehatan selama libur Hari Raya Idul Fitri mulai H- 7 hingga H+7. Menurut penjelasan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Semarang, Dr. Bimantoro, R AAK siap memberikan pelayanan kesehatan penuh di empat belas rumah sakit tipe C dan D yang ada di kota Semarang dan 3 rumah sakit tipe yang sama di Kabupaten Demak, begitu pula seluruh puskesmas yang ada.

“Jadi para pemudik dari Lampung, Palembang, hingga Kalimantan bahkan Sulawesi tak perlu mencari rujukan dari daerah asal untuk mendapatkan layanan kesehatan di kota Semarang. Mereka tinggal mencari rujukan dari rumah sakit tipe C untuk mendapatkan akses kesehatan lebih baik lagi di tipe B.” jelas Bimantoro saat jumpa pers bersama empat rumah sakit swasta kota Semarang dikantornya, Kamis (15/6)

BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Semarang memperkirakan sepanjang perjalanan mudik hingga puncaknya Hari Raya Idul Fitri nanti akan muncul berbagai kasus keluhan kesehatan baik dari skala ringan hingga cukup berat. Prosentasenya sendiri dilihat dari tren yang ada, diperkirakan akan naik dua kali lipat dari sebelumnya. Untuk itu pula BPJS selalu mengingatkan masyarakat yang hendak mudik tidak lupa membawa kartu layanan kesehatan tersebut.

Untuk mempermudah memberikan layanan kesehatan bagi pemudik, Dinas Kesehatan Kota Semarang sendiri juga membuka sejumlah posko mudik di tiga belas titik yang ada di seluruh fasilitas public. Mulai dari pelabuhan, terminal, pintu masuk tol, stasiun hingga pusat keramaian seperti Tugu Muda dan Simpang Lima. Tidak hanya itu saja, tersedia pula layanan ambulans di lima titik gawat darurat. (MJ-202)