Semarang – mediajateng.net

PT Kereta Api Daerah Operasi 4 Semarang siap menurunkan sebanyak 177 petugas ekstra penjaga pintu perlintasan selama penyelenggaraan arus mudik dan balik Lebaran Tahun 2017.Selain berasal dari personil internal, PT KAI Daop 4 Semarang juga akan melibatkan masyarakat umum terutama untuk pelintasan pintu yang tidak dijaga.

Kepala PT KAI Daerah Operasi 4 Semarang, Wiwik Widayanti mengatakan untuk pengawalan para pemudik menggunakan jalur transportasi kereta, pihaknya juga telah melibatkan sebanyak 108 petugas keamanan dari TNI dan Brimob, serta polisi khusus.

“Kesiapan sarana bagi pemudik seperti kereta reguler maupun cadangan, sudah dalam kondisi siap.Sementara untuk jalan perlintasan , PT KAI Daop 4 Semarang masih melakukan inventaris jumlahnya. Kami harapkan dapat segera mungkin melakukan pengamanan pintu perlintasan demi keamanan.” tegas Wiwik di kantor PT Kereta Api Daerah Operasi 4 Semarang, kawasan Thamrin, Kamis (1/6) kemarin.

Sementara itu, mendekati arus mudik dan balik Lebaran 2017, volume tiket penumpang yang sudah terserap untuk wilayah Semarang dan sekitarnya mencapai 45 persen.PT Kereta Api Daerah Operasi 4 Semarang memprediksi puncak akan terjadi pada H-2, serta H+5 bahkan H+7 nanti.

Menghadapi perjalanan Lebaran 2017, PT Kereta Api Daerah Operasi 4 Semarang memprediksi volume penumpang menggunakan jalur kereta akan mengalami peningkatan, naik sebesar 103,1 persen, khususnya untuk kereta jalur ekonomi maupun lokal. H-10 diperkirakan akan terjadi kenaikan okupansi penumpang tujuh persen. (MJ-202)