DEMAK, Mediajateng.net – Sebanyak 5196 peserta mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) , Senin (1/4/2019). UNBK digelar serentak oleh 33 SMA di Kabupaten Demak baik swasta maupun negeri.

Sedangkan Madrasah Aliyah
(MA) diikuti sebanyak 4972 siswa dan digelar serentak di 75 MA swasta dan satu MA Negeri.

“Tepat pukul 07.30 WIB ujian dimulai. Alhamdulillah, pelaksanaan UNBK hari ini lancar, tidak kendala di lapangan,” tutur Wakil Bupati Demak, Joko Sutanto seusai memantau pelaksanaan UNBK di SMA 3 Demak yang didampingi Anjar Gunadi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak.

Joko menambahkan, secara umum persiapan maupun penyelenggaraan UNBK di Demak dari tahun ke tahun semakin baik dan berkualitas.

“Sarana prasarana pendidikan semakin baik. Guru – guru juga harus semakin profesional dan pengabdiannya lebih baik lagi,” ujarnya.

“Jangan sampai lulusan SMA di Demak kalah dengan yang lainnnya,” lanjut Joko.

Terkait jaringan internet , sambung Joko, tidak ada kendala di lapangan. Begitu pula dengan listrik, juga tidak ada kendala.

“Jauh – jauh hari sebelumnya kita telah berkoordinasi dengan PLN. Kita surati PLN jangan sampai ada pemadaman listrik. Masing – masing penyelenggara UNBK (sekolah), juga telah menyediakan genset,” ungkapnya.

Sementara itu, Suprapto , Kepala SMA 3 Demak mengatakan, tahun ini, UNBK diikuti sebanyak 365 peserta. Adapun pelaksanaannya menggunakan 4 laboratorium komputer.

Menurutnya, berbagai kesiapan telah dipersiapan jauh – jauh hari sebelumnya, baik itu sarana prasarana penunjang UNBK maupun kesiapan guru dan siswa.

“Kami telah mempersiapkan sarana prasarana UNBK sejak tiga tahun lalu. Siswa juga kita bekali try out dan simulasi UNBK. Jadi, UNBK tahun ini kita siap,” katanya.