SEMARANG, Mediajateng.net – Dua jalur beasiswa Universitas Negeri Semarang membebas biayakan 24 persen dari total 7.153 mahasiswa baru tahun ajaran 2016/2017 atau 1.712 mahasiswa.
Dua jalur beasiswa tersebut adalah Bidikmisi dan Rumah Amal Lazis Unnes. Rincian penerimanya, Bidikmisi memberi beasiswa kepada 1.240 mahasiswa baru sementara Rumah Amal Lazis 472 mahasiswa.
Rektor Unnes, Prof Dr Fathur Rokhman mengungkapkan bahwa seluruh mahasiswa penerima beasiswa tersebut digratiskan dari pembiayaan kuliah sampai memeroleh gelar sarjana. “Meski ini beasiswa juga diperuntukan bagi mahasiswa kurang mampu dalam hal ekonomi, sasaran lainnya adalah beasiswa untuk hafidz/hafidzoh 30 juz Al Quran,” kata dia.
Selain mendapatkan beasiswa, lanjut Prof Dr Fathur Rokhman, mereka juga memperoleh biaya hidup tiap bulan yakni untuk S2 Rp 500.000 dan S1 Rp 400.000.
Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Negeri Semarang, Dr Bambang Budi Raharjo menuturkan penerima beasiswa, baik dari jalur Bidikmisi maupun Rumah Amal Lazis Unnes telah melalui seleksi yang cukup ketat. “Kami hanya ingin memastikan penerima beasiswa ini tepat sasaran,” kata dia.
Beasiswa bidik misi hanya diperuntukkan bagi mereka yang berprestasi namun berasal dari keluarga tak mampu secara ekonomi. Penerimanya terbebas dari segala biaya selama empat tahun kuliah dan memperoleh biaya hidup Rp 600 ribu per bulan. Sama halnya dengan beasiswa dari rumah amal, selain diberi kesempatan kuliah gratis penerima beasiswa juga diberikan uang biaya hidup, beasiswa ini dikuhusukan bagi siswa yang berprestasi. (MJ-069)

Comments are closed.