SEMARANG, Mediajateng.net – Akademi kepolisian kembali menggelar Pekan Olah Raga dan Seni Mahasiswa Pelajar dan Taruna (Porsimaptar) ke 16 yang diikuti sebanyak 1.200 peserta dari Jawa Tengah dan Bali.

Ajang kejuaraan bergengsi yang  memperlombakan 14 cabang Olahraga dan Seni bertujuan memupuk pembelajaran dan pelatihan dalam melahirkan taruna polisi yang profesional.

Event Porsimaptar ini diselenggarakan rutin setiap tahun dan digelar dilapangan Taruna Akademi Kepolisian, dibuka mulai Senin (14/11) dan berakhir Sabtu, (19/11) nanti. Kegiatan ini juga sekaligus menjalin intregrasi baik untuk mahasiswa pelajar maupun taruna.

“Bertujuan untuk melahirkan taruna polisi, diharapkan kegiatan ini bisa memberikan skil dan pengalaman pada nantinya,” ungkap Gubernur Akpol Irjen Pol Anas Yusuf, saat memberikan sambutan pada pembukaan Porsimaptar, Senin, (14/11) sore.

Peserta mulai dari pelajar tingkat sekolah lanjutan tingkat menengah atas, mahasiswa dan taruna. Diharapkan para peserta yang mengikuti kegiatan ini melaksanakan dengan penuh semangat dan tanggungjawab termasuk menjaga dan mentaati tata tertib perlombaan.

“Ini untuk memupuk pembelajaran dan pelatihan. Semoga kerja keras dan pengorbanan para peserta bisa mendapatkan hikmah nantinya,” ujarnya.

Sementara pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Porsimaptar 2016, Aditya Rizki Nugroho mengatakan kegiatan Porsimaptar ini menperebutkan 154 medali dari berbagai cabang lomba.

“Yang dilombakan adalah cabang olahraga sepakbola, voley, basket, bulutangkis, tenis. Ada juga cabang seni diantaranya adalah band, tradisional dance dan story telling. Pelaksanaan mulai tanggal 14 sampai 19 November 2016,” jelasnya.

Harapan ke depan, dengan adanya kegiatan ini nantinya terjalin hubungan masyarakat dan pelajar.

Pembukaan Porsimaptar juga didahului atraksi terjun payung yang dilakukan oleh enam anggota kepolisian. Masing-masing bernama Ipda Hanafi Dita Utama, Ipda Audi Arditya, Bripda Nur Fauziah, Briptu Tri Novan, Bripka Muhammad Ibrohim, Briptu Sutedi Pabelin. Secara simbolis Gubernur Akpol Irjen Anas Yusuf melakukan penyalaan obor sebagai dimulainya kegiatan Porsimaptar.


(MJ-303)