BLORA, Mediajateng.net – Kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Blora pada hari Selasa (7/8/2018) diawali dengan Bakti Sosial. Kegiatan bakti sosial dilaksanakan di Desa Bedingin, Kecamatan Todanan.

Ratusan warga kurang mampu dan jompo mengikuti bakti sosial yang dilaksanakan di Balaidesa setempat. Berbagai kegiatan sosial dilaksanakan gabungan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di desa pinggiran Blora ini.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Blora, Sri Handoko S.Sos, M.Si selaku Ketua Seksi Bakti Sosial menyebutkan bahwa ada berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan ini, diantaranya Pembagian 1000 Kg Beras dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kepada 100 warga kurang mampu. Selain itu, pemeriksaan kesehatan dan pemberian vitamin gratis kepada 200 ternak warga dari Dinas Peternakan dan Perikanan. Pemeriksaan Kesehatan gratis kepada 150 warga dari PMI dan Dinas Kesehatan juga diberikan pada aksi sosial ini. Pembagian 50 paket sembako untuk keluarga kurang mampu dan rawan gizi buruk dari Dinsos P3A. Pembagian bibit tanaman buah dan pohon keras sebanyak 100 buah dari Dinas Lingkungan Hidup serta pelayanan Administrasi Kependudukan Gratis dari Dindukcapil.
Di samping itu juga ada pelayanan Perpustakaan Keliling untuk anak-anak dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Penyuluhan kebencanaan untuk pelajar dari BPBD serta Pembagian 100 bibit pohon dari Perhutani KPH Blora.

“Pelaksanaan bakti sosial di Desa Bedingin ini merupakan petunjuk dari Bapak Bupati. Dimana beliau menginginkan agar sasarannya adalah desa terpencil yang berada di pelosok perbatasan,” ucap Sri Handoko.

Sementara itu, Bupati Djoko Nugroho yang diwakili oleh Asisten 2 Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Slamet Pamudji SH, M.Hum berkesempatan menyerahkan bantuan secara simbolis kepada warga kurang mampu di Desa Bedingin disaksikan Kepala OPD terkait, jajaran Forkopimcam Todanan dan Kades setempat.

“Kami mewakili Bapak Bupati Blora, berharap agar bantuan yang dibagikan bisa bermanfaat. Jangan dinilai jenis bantuannya, tapi ini mewujudkan kepedulian Pemerintah Kabupaten Blora kepada warga masyarakat, khususnya di Desa Bedingin,” kata Slamet Pamuji.

Usai menyerahkan bantuan secara simbolis, Slamet Pamuji dan rombongan meninjau sejumlah lokasi kegiatan bakti sosial. Selain di sekitar Balaidesa, juga di SDN 1 Bedingin yang menjadi lokasi Perpustakaan Keliling dan Penyuluhan Kebencanaan dari BPBD.

Camat Todanan, Kiswoyo mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan OPD terkait yang telah menyalurkan bantuan untuk warganya di Desa Bedingin.

“Kami mewakili seluruh warga Desa Bedingin mengucapkan terimakasih atas semua bantuan yang diberikan. Tidak hanya bantuan pangan saja, namun juga kesehatan, keselamatan lingkungan hingga pengetahuan kebencanaan. Semoga Blora ke depan semakin makmur dan kuncara,” ucapnya. (Ag-Mj)